Senin, 24 Januari 2011

Pesta Danau Toba

Pesta Danau Toba, pesta yang digelar setiap tahunnya di Kota Parapat ini telah dimulai. Serangkaian acara pameran, lomba, dan kejuaraan telah dipersiapkan oleh panitia untuk kembali mensukseskan Pesta Danau Toba tahun ini. Pesta Danau Toba diutamakan untuk menonjolkan Kesenian, Budaya dan Tradisi Sumatera Utara.

Rangkaian Pesta Danau Toba, Acara  yang bertujuan untuk memajukan potensi parawisata Danau Toba secara khusus dan Sumatera Utara secara umum mengambil tempat di kota wisata Parapat. Rangkaian acara Pesta Danau Toba meliputi acara pembukaan di hari pertama disusul dengan beragam pameran dan festival budaya dan pada hari kelima akan ditutup dengan sebuah acara penutupan.
Upacara Pembukaan  yang bertempat di Panggung Utama Parapat. Pada akhir perayaan, akan diadakan sebuah acara penutupan  di tempat yang sama.
Rangkaian Pesta Danau Toba dibagi menjadi beberapa kategori kegiatan antara lain:

1. Kegiatan Pendukung dan Hiburan
* Pameran PDT
Pameran hasil barang dan jasa Sumatera Utara. Bertempat di Convention Hall Parapat setiap harinya selama PDT berlangsung.
* Upacara Pembukaan PDT
Merupakan acara peresmian PDT. Pastinya akan dimeriahkan oleh gondang batak, dan tari khas batak (Tor-Tor). Dan juga kontingen dari tiap kabupaten/kota.
* Upacara Penutupan 
Adalah acara puncak dari kegiatan PDT . Kabarnya akan di meriahkan oleh artis Sumatera dan Jakarta. Berlangsung  di Panggung Utama Parapat.
* Festival Kapal Hias
Karnaval kapal-kapal yang biasa beroperasi di Danau Toba. Berlangsung setiap hari selama PDT
* Lomba Hias Kios
Nah ini adalah berita baik untuk pemilik kios yang berada di Parapat. Selain keindahan kios, pelayanan juga termasuk didalam penilaian. Acara ini berlangsung selama PDT bertempat di sekitar Parapat.
* Lomba Mancing
Merupakan Lomba memancing di kolam yang dapat diikuti oleh kalangan umum. Cocok bagi anda yang ingin berlibur tetapi menginginkan ketegangan juga.
* Lomba Keterampilan Anak
Terdiri dari aneka kegiatan seperti lomba: menggambar, mengarang, dan ketangkasan yang diperuntukkan bagi murid TK dan SD se wilayah Danau Toba.
* Parapat Touring
Merupakan kegiatan pertemuan dan adu ketangkasan antar klub-klub sepeda motor dari Sumatera Utara. * Bazaar dan Pasar Malam
Bagi yang mencari cendera mata, atau yang ingin menikmati sajian khas Tanah Batak wajib mengunjungi kegiatan ini. Berlangsung di Open Space – Convention Hall, Parapat.
* Marching Band
Merupakan pagelaran grup-grup marching band dari wilayah Sumatera Utara. Berlangsung pada siang hari di Panggung Utama Parapat.
* Lomba Penulisan Berita Terbaik
Merupakan ajang lomba bagi wartawan untuk menuliskan kegiatan PDT. Kita doakan saja agar blogger juga dapat turut ambil bagian.
* Lomba Vocal Group
Bagi yang memiliki talenta dalam hal tarik suara, ajang ini merupakan ajang yang menarik untuk diikuti.
2. Kegiatan Olahraga
* Jalan-Jalan Sehat
Merupakan kegiatan gerak jalan perorangan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum termasuk wisatawan asing. Selain turut meramaikan kegiatan ini pastinya juga akan menyehatkan tubuh menghirup udara segar Parapat.
* Voli Pantai
Merupakan lomba voli pantai putra/putri diperuntukkan untuk umum. Berlangsung pada pagi dan sore hari di Pantai Sosor Pasir Parapat.
* Lomba Dayung
Merupakan kegiatan lomba dayung jenis Solu Mardua untuk umum. Berlangsung pada pagi hari. Bertempat di Pantai Sosor Pasir Parapat.
* Lomba Renang
Perlombaan ini khusus buat Putra tapi berlaku untuk umum. Berlangsung pagi hari  bertempat di Pantai Sosor Pasir Parapat.
3. Kegiatan Seni-Budaya
* Pentas Seni-Budaya
Menampilan seni-budaya tradisional berbagai etnis yang terdapat di Sumatera Utara. Bertempat di panggung terbuka Parapat
* Festival Tari Daerah se Kawasan Danau Toba
Perlombaan tari daerah antar kontingen se Sumatera Utara. Pastinya akan jadi perlombaan yang unik dan menarik untuk dinikmati. Berlangsung di panggung Convention Hall Parapat.
* Gebyar Panggung Danau Toba
Merupakan hiburan yang akan berlangsung setiap malamnya selama PDT berlangsung. Akan menampilkan hiburan kesenian modern/kontemporer serta musisi Sumatera Utara dan Jakarta. Bertempat di Panggung Terbuka Parapat.
* Gelar Seni Ukir Tradisional
Pagelaran seni memahat dan mengukir antar kontingen se Sumatera Utara. Bertempat di Convention Hall Parapat.
* Gelar Seni Tenun Kain Tradisional
Pagelaran seni tenun kain tradisional antar kontingen se Sumatera Utara. Bertempat di Convention Hall Parapat.
* Pemilihan Puteri Danau Toba
Bagi anda putri yang memiliki wawasan yang luas mengenai budaya dan pariwisata boleh mencoba untuk ikutan dalam ajang pemilihan ini karena ajang ini dibuka untuk umum. Bertempat di Convention Hall dan Panggung Utama Parapat.

Menarik bukan? Ayo tunggu apa lagi, ini merupakan event yang sangat cocok sebagai pengisi liburan anda ataupun keluarga. Ditambah lagi hadiah-hadiah menarik yang pastinya menanti anda contoh: Sepeda Motor, Trofi, Piagam, dan hadiah uang bernilai jutaan. Disamping itu kita juga akan belajar banyak mengenai kebudayaan Sumatera Utara pada umumnya dan kebudayaan Batak pada khususnya.

Semoga dengan adanya Pesta Danau Toba dapat membawa dampak yang positif untuk kemajuan pariwisata Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Gallery & Profile Celebrity

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons